Rabu, 22 Februari 2012

21 Days Backpacking : Thailand, Myanmar, Singapore, Malaysia

21 hari full jalan-jalan ? apa nggak capek tuh ? kemana aja kok bisa sampai 21 hari ? habis biaya berapa ? oleh-olehnya mana ?... itulah pertanyaan umum yang biasa ditanyakan oleh temen-temen kita kalau habis jalan-jalan. Apalagi kali ini saya berkesempatan jalan-jalan selama 21 hari di 4 negara, yaitu Singapore, Malaysia, Thailand dan Myanmar. Jalan-jalan ini dibagi menjadi dua episode, yaitu jalan-jalan singapore-kuala lumpur bareng keluarga, dan jalan-jalan thailand-myanmar dan penang bareng temen-temen.  Untuk jalan-jalan bareng keluarga tentu tidak segila dan se-ekstrem jalan bareng temen karena saya membawa orangtua dan adik saya.
Cerita ini bermula ketika bulan ramadhan kemarin saya kepikiran untuk mengajak keluarga saya untuk jalan-jalan keluar negeri. Alasannya adalah karena saya dari keluarga “ndeso”, orang tua dan adik saya belum pernah naik pesawat,  apalagi ke luar negeri. Selain itu karena saya berpikir mumpung anak-anaknya bapak masih muda sehingga masih ada kesempatan buat jalan-jalan bareng keluarga, akan sangat berbeda apabila saya sudah kerja dan berkeluarga, pasti waktu untuk kumpul bareng bapak ibu akan berkurang. Akhirnya sewaktu ada promo Airasia walaupun bukan promo murah murah amat, saya pesan tiket untuk 4 orang. Berangkat jogja-singapore 14 januari 2012 dan pulang kuala lumpur-solo. 18 januari 2012. Sebenarnya beberapa bulan sebelumnya saya sudah beli tiket super murah untuk sekeluaga jogja-kuala lumpur keberangkatan tanggal 4 januari 2012 seharga 40ribu rupiah untuk 4orang tapi batal dipakai karena tanggal segitu saya masih ada ujian UAS di kampus, jadi nggak kepakai deh, apa boleh buat. Perjalanan ke Singapore-Kuala Lumpur ini bukanlah perjalanan pertama saya ke kedua kota tersebut, karena sebelumnya saya pernah kesana dua kali, sehingga kedua kota ini tidak asing lagi bagi saya :d
Tidak lama setelah booking tiket untuk keluarga, terdapat promo airasia lagi, dan waktu itu terbesut pikian untuk backpackeran lebih lama lagi sebagai pengganti Umrah Backpacker yang rencananya awal februari tapi nggak jadi karena kesulitan mendapatkan visa umrahnya. Akhirnya saya mengajak Fachri, teman sekuliahan, dan dia ngajak dua orang temennya untuk ikut juga. Diputuskanlah untuk backpacker selama 21 hari, dua minggu di Thailand dan sisanya di Malaysia dan Singapore. Teknisnya, tanggal 18 februari pagi keluarga saya pulang ke Jogja dari LCCT Kuala lumpur, lalu siangnya Fachri dan temannya datang untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. 

Untuk cerita lengkapnya, langsung saja klik postingan cerita catatan perjalanan per-harinya :

Day 1 : Singapore

Day 2:  Singapore

Day 3 : Kuala Lumpur

Day 4 : Kuala Lumpur

Day 5 : Putra Jaya

Day 6 : Bangkok

Day 7 : Ayuttaya

Day 8 : Bangkok

Day 9 : Bangkok


EmoticonEmoticon