Perpustakaan dan Ruang Belajar 24 Jam FE UI

Di tahun keempat belajar di FEUI, gw baru ngerasain betapa pentingnya yang namanya perpustakaan. Dulu ketika masih tahun pertama sampai ketiga, terasa asing yang namanya belajar di perpustakaan. Dulu mungkin ke Perpus cuma pinjem sama balikin buku aja, tapi sekarang, ketika tugas-tugas menumpuk, ketika ada keharusan buat nulis skripsi, gw baru sadar kalau yang namanya perpustakaan itu berguna banget.

UI sebenarnya adalah surga bagi para pecinta perpustakaan. Bagaimana tidak, dulu sebelum dibentuknya "rumah teletubies" a.k.a. "UFO" a.k.a. "crystal of knowledge" a.k.a. Perpustakaan UI Pusat, masing-masing fakultas sudah punya perpustakaan sendiri yang cukup representatif. Apalagi dengan telah selesainya perpustakaan UI pusat, semua mahasiswa bahkan mahasiswa universitas lain pun bisa masuk dan menikmati fasilitasnya yang sangat bagus dalam ukuran perpustakaan di Indonesia. Tapi kali ini gw gak ngomongin perpustakaan UI pusat, gw mau ngomongin perpustakaan FEUI. Sejak dulu perpustakaan FEUI tergolong perpustakaan paling ramai di UI, karena buku wajib mata kuliah FE yang tebel-tebel itu hanya bisa dipinjem di perpus FEUI dan hanya bisa dipinjam sehari. Keesokan harinya mahasiswa harus mengembalikan atau memperpanjangnya. Memang sih bisa diperpanjang sampai unlimited, terserah mau berapa minggu, bulan, bahkan tahun, asal rajin perpanjang aja. Tapi kalau lupa memperpanjang, dendanya cukup besar coy, 2ribu rupiah per buku per hari. Beda dengan perpus UI pusat yang satu buku bisa dipinjam sampai 2 minggu dan bisa diperpanjang 3x, jadi 1 buku bisa dipinjam selama 1,5 bulan hanya dengan perpanjang 3x. Tapi di FE tiap hari harus perpanjang. Gw sebagai mahasiswa kere yang males baca buku, lebih sering pinjem buku di perpus daripada beli buku yang satu bukunya rata-rata berharga 200ribu.

Selain fasilitas pinjem-meminjem buku, perpustakaan FEUI juga menyediakan ruang Esac dimana kita dikasih fasilitas yang sangat layak untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita. Tapi sampai semester 7 hampir selesai sekarang ini, gw belum pernah sekalipun menggunakan fasilitas itu. Dasar gw orangnya pemalas sih. hha. Selain itu ada fasilitas ruang belajar dan diskusi, yang kalau sudah mendekati UAS dan UTS sudah kayak pasar aja nih ruang saking banyaknya mahasiswa FE yang belajar bareng. Ada juga ruang belajar dan skripsi, nah dalam 2 bulan ini gw sering mampir ke ruangan itu. Awalnya niatnya sih buat ngerjain skripsi, tapi sampe disana 80% dihabiskan buat ngobrol dan ngenet sambil download. hha.

Sudah hampir dua semester terakhir ini Perpustakaan FEUI mengeluarkan terobosan baru yang sangat bagus menurut gw, yaitu adanya fasilitas ruang 24 jam. Pemikirannya simpel, bagaimana menjadikan perpustakaan sebagai sarana belajar yang buka 24 jam. Kalau untuk membuka perpustakaan full 24 jam kan nggak mungkin, akhirnya dibuatkanlah satu ruangan yang cukup besar dan nyaman yang buka selama 24 jam. Jadi, perpustakaan yang hanya buka jam 8.00-20.00 weekday bisa buka 24 jam di ruang 24 jamnya. Jadilah gw yang selama ini galau dan pemalas kalau lagi di kosan, kadang main ke ruang ini. Pernah nginep sampai keesokan harinya karna pengen download film ber-giga giga. Pokoknya bagi mahasiswa yang pengen belajar ataupun mahasiswa yang pengen download semalam suntuk, bisa pakai nih ruangan. Mantab. Apalagi kalau malam, dimana yang pakai wifi di kampus hampir nihil, speed download di indowebster bisa mencapai 4 MBps, dimana satu film bluray 720p bisa didownload hanya dalam 5 menit saja.

So, yang pengen pakai fasilitas kayak diatas, ayo masuk FE UI.. hhe..

Artikel Terkait

1 komentar so far

Untuk umum bisa g mas enggar...kyak buat dosen yg igin mncarimenulis artikel


EmoticonEmoticon