Kaleidoskop Traveling 2013

Pada awal tahun 2013, sebenarnya saya tidak ingin banyak jalan-jalan, karena sebelumnya saya telah mempunyai planing untuk lulus 3,5 tahun dan masuk sekolah penerbangan. Namun takdir Allah berkata lain. Ijin orang tua untuk menjadi seorang pilot tidak turun, dan akhirnyapun saya malas-malasan untuk menyelesaikan studi S1 3,5 tahun. Ya sudah, 2013 menjadi tahun paling nganggur, gak ada kerjaan apa-apa dan untuk skripsian aja malas-malasan. Untung saja skripsi dapat selesai ketika waktu benar-benar sudah deadline, hhe, maklum deadliners.

Sebenarnya di 2013 saya sama sekali tidak punya investasi dalam bentuk tiket pesawat promo. Tapi entah kenapa di 2013 ini malah menjadi tahun dimana saya paling banyak travelingnya. Berikut saya jabarkan hasil jalan-jalan selama setahun :

1. Padang - Bukittinggi (Januari 2013)


Di awal tahun, tepatnya pada tanggal 18-23 Januari 2013 saya berkesempatan mengunjungi kota padang dan bukittinggi. Tentu saja ini berkat tiket promo. Kali ini saya menggunakan promo mandala air, seharga 60ribu. Tiket promo kali ini saya dapatkan di akhir desember kalau nggak salah. Sebenarnya saya mengajak 4 orang teman, namun  3 orang berhalangan ikut, sehingga digantikan oleh 2 teman (pinjem ktp) dan 1 orang kaskus (jual tiket :D).

Pengeluaran selama di dua kota tersebut kurang lebih 700ribuan selama 5 hari. Penginapan termurah dapat di kota bukittinggi seharga 80ribu satu kamar per malam. Sementara di kota padang dapat hostel seharga 150ribu per malam.

2. Makassar - Manado (Mei 2013)


Perjalanan kedua di tahun 2013, saya bersama 5 orang teman pergi ke makassar dan manado. Sebenarnya trip ini adalah trip pengganti dari rencana kami mau ke Thailand tapi terkendala jadwal sidang yang belum pasti. Akhirnya, kami putuskan untuk ke makassar dan manado saja. Tiketnya sangat murah, hanya 200ribu Pulang-Pergi untuk rute jakarta-makassar-manado-makassar-jakarta, tentu saja dengan maskapai langganan AirAsia :D.

Jalan-jalan ke kota besar di pulau Sulawesi tersebut dilakukan pada 3-8 Mei, waktu yang tepat karena kita sudah pada selesai magang dan juga masih jauh dari deadline skripsi. Seperti kebiasaan  kalau backpacking ke domestik, kami menyewa motor di kedua kota tersebut agar mudah mengunjungi objek wisata. Di manado kami sempat mencicipi snorkling di Bunaken. Ini pula yg menyebabkan anggaran membengkak, karna untuk ke sana kami total mengeluarkan sekitar 400ribu per orang untuk sewa kapal dan alat snorkel. Total perjalanan makassar-manado selain tiket kami habis sekitar 1 juta rupiah.

3. Singapore - Kuala Lumpur (Juni 2013)


Sebenarnya ini bukan trip jalan-jalan karena agenda utama adalah untuk mengikuti Job Fair yang diselenggarakan di Singapore. Heh, ikut Job Fair sampe dibela-belain ke singapore ? hhe, itu karena kita dibayarin akomodasi dan tiket pesawatnya. Namun karna pagu penggantian uang hanya sebesar 200 SGD, ato sekitar 1,6 juta rate saat itu, saya dan teman-teman memilih untuk menggunakan AirAsia promo yg waktu itu paling murah promo CGK-KUL dan baliknya JHB-CGK dengan total tiket 500ribu PP. Saya bersama 9 orang teman yang waktu itu walaupun sesama UI namun belum pernah kenal sebelumnya, berangkat bersama-sama dan sempat makan malam di Kuala Lumpur di warung langganan saya.

Jobfair tersebut yang menyelenggarakannya adalah konsorsium perusahaan Jepang. Seperti yang telah diduga sebelumnya, dari 3 perusahaan jepang yang saya masukin CV, tidak ada satupun yang merespon dan memberikan feedback di kemudian hari. hhaha. Ada sih, dari Deloitte Singapore, tapi feedbacknya berupa surat penolakan. wkwkwk. Oh ya, perjalanan ke SG KL ini terjadi pada 14-16 Juni.

4. Korea Selatan ( September 2013)




Ini promo yang cukup spektakuler. Tiket saya pesan dari bulan juni dan berangkat awal september, tepatnya 3-7 September. Cukup spektakuler karena promo ke korea biasanya semurah-murahnya dari Indonesia 3jutaan PP. Namun, saya bisa mendapatkan tiket promo AirAsia Kuala Lumpur-Seoul seharga 600ribu PP. Sementara tiket Jakarta-Kuala Lumpur saya dapatkan seharga 500ribu PP. Total tiket hanya 1,1juta PP.

Saya berangkat berdua bareng satu teman saya, cowok. Tapi jangan dikira saya homo ya, karna saya cari travelmate cewek gak nemu-nemu :D. Sebenarnya berangkat bulan september awal tanggung amat, musim panas sih sudah agak reda, namun belum masuk musim gugur, jadi jalan-jalan ke korea kondisi alamnya masih mirip-mirip Indonesia, belum ada daun yg menguning ataupun salju.

Selama di seoul, kami dapat penginapan yg supermurah untuk ukuran negara mahal korea, hanya 100ribu per malam per orang, kami dapat kamar dormitory ber4 dan hostel yg super bersih karena hostel baru. hhe.  Kami hanya jalan-jalan ke kota seoul aja, nggak keluar kota, karna tantangan kami adalah jalan jalan ke korea dengan budget gak lebih dari 1juta rupiah selama 4 hari. Eh ternyata kami hanya habis sekitar 700ribu rupiah saja selama disana sudah termasuk makan dan penginapan.

5. Bali, Hong Kong dan Macau (Desember 2013)

Ternyata dugaan saya salah. Saya kira promo ke korea kemarin adalah promo termurah yang bakal saya dapat karena kecenderungan tiket promo yg semakin mahal. Ternyata ada yang lebih murah lagi. Cerita berawal dari pagi-pagi bangun tidur saya ntah kenapa langsung OL Facebook, dan ada chat masuk dari master tiket promo Om Teddy. Dikasih tau kalo ada promo ke Hongkong by Tiger Mandala hanya 190ribu rupiah PP.  Gilaaaa itu harganya. Saya cek ternyata benar, rute denpasar-hongkong hanya 5RIBU RUPIAH sajaa. Dan baliknya Hongkong-Surabaya harga 186ribu Rupiah. Unbelievable !! Luar biasanya lagi, tiket tersebut saya pesan tepat 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Hanya seminggu sebelum berangkat ! Dengan setengah tidak percaya saya langsung pesan dan mengajak teman-teman saya, dapet 10 orang, tapi yg berangkat cuma 8. Sampe sekarang saya masih bingung kok bisa harga tiketnya semurah itu, orang pajak bandara Hongkong aja udah 300ribuan lebih, masak tiket PP cuma dijual 190ribu rupiah. Saya yakin tiger mandala merugi tiap jual satu tiket karena mereka "nomboki" pajak bandara hongkong.

Biasanya tiket jakarta-hongkong direct hanya dilayani oleh maskapai full service garuda indonesia atau cathay dengan harga paling murah 5jutaan. Kalau mau yg lebih murah bisa pakai air asia transit KL, dengan harga promo biasanya dapet 2juta dari jakarta. Tapi ini hanya 200ribu saja. Masih belum percaya nih saya sampe sekarang.

Saya bersama 7 teman dan adik, jalan jalan ke Hongkong pada 18-22 Desember kemarin. Karena berangkatnya dari bali, saya berfikir kenapa nggak main-main dulu di Bali. Kebetulan seminggu sebelum keberangkatan, ada juga promo tiket.com dapet diskon 240ribu hotel. Saya pesan hotel di bali 2 malem cuma nambah 30ribu per malam dan 90ribu semalem hotel di surabaya untuk kamar yg setara dengan bintang dua.

Awal desember di Hongkong sudah memasuki musim dingin. Hari pertama disana suhu sempat drop 10 derajat di pagi hari dengan angin yg cukup wuzz. Pertama kalinya merasakan suhu sedingin ini, tapi untung saja sudah bawa persiapan jaket double (karna ga punya jaket winter). Hari kedua di hongkong, kami sempatkan untuk ke Macau dengan tiket ferry 500ribu PP. Hhhu, lumayan mahal untuk perjalanan laut selama 1 jam saja. Di hari terakhir kami mampir ke Dompet Dhuafa Hong Kong, secara saya pernah magang di DD pusat dan ingin menjalin silaturahim (alibi).. hhe. Hasilnya, tiga teman dan adik saya yg baru balik ke Indonesia tanggal 23 bisa menginap disana gratis. Thanks DD HK.

================================================================

Demikian kaleidoskop traveling saya selama tahun 2013. Untuk tahun 2014 saya tidak punya resolusi traveling, resolusi saya di 2014 adalah saya bisa mendapatkan tempat kerja yang sesuai dengan harapan saya.

Artikel Terkait

3 komentar

keren banget oiiii!!!! nggar, kapan2 ajakin gw doonk.. aaaahhh iriiii

siaaap. 2015 ke jepang ya insyaallah.

Hallo Enggar, pas ke Bukittinggi menginap dimana? thanks.


EmoticonEmoticon