Fase 1 PCPM : SAMAPTA

Samapta artinya siap sedia. Latihan kesamaptaan bisa diartikan sebagai latihan untuk selalu siap sedia. Entah kenapa setiap pendidikan calon pegawai di hampir semua BUMN dan instansi pemerintah selalu saja ada pendidikan kesamaptaan ini, walau mungkin dengan berbeda nama. Tidak terkecuali gw, sebagai bagian dari Program Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) BI, semua peserta wajib dan sangat wajib untuk mengikuti pendidikan kesamaptaan.



Kesamaptaan PCPM angkatan gw (XXXI-2 <= baca: tiga satu dua) dilaksanakan pada tanggal 5-16 Februari 2014 bertempat di Setukpa Polri (Sekolah Pembentukan Perwira Polri) di Sukabumi. Nyambung dari postingan gw sebelumnya, kami berangkat dari kantor Thamrin siang hari, setelah paginya diadakan pembukaan dan pelantikan PCPM 31-2. Kami satu angkatan 213 orang, berangkat menggunakan 4 bus. Busnya bukan bus abal-abal, white horse  cuy...

Berangkat sekitar jam 10.30 pagi, sampai di sukabumi jam 3 sore. Mulai lah kami menikmati menu pendidikan ala samapta. Malam harinya, langsung diadakan apel malam pertama, sekaligus malam perpisahan dengan segala HP dan gadget elektronik. Semua harus dikumpulkan. Karena kita masih cupu, nggak ada yg berani nyembunyiin HP ato paling nggak Ipod di kamar  (walo bbrp minggu lalu gw denger ada satu temen yg berani nyembunyiin Ipod dan nggak ketahuan).



Banyak yang bilang kalau samapta di Polri nggak parah-parah amat, lebih parah di Kopassus ato TNI. Tapi tetap aja banyak temen yang mengeluh dan banyak yang sakit. Kami ber-Samapta ria kurang lebih dua minggu, lebih tepatnya 12 hari. 12 hari disana udah seperti tiga bulan lamanya. Banyak yang hari kedua udah pengen pulang, udah kangen mama. hha.

Hari pertama, setelah upacara pembukaan, kami langsung digenjot lari-lari dan di tes fisik. Tesnya simpel sih, cuma disuruh lari keliling lapangan selama 12 menit, dilanjutkan dengan sit up 2 menit, terus push up 2 menit, lanjut lagi pull up, dan terakhir disuruh lari membentuk angka 8 dua kali putaran. Sebenarnya nggak berat-berat banget, tapi karena itu dilakukan di siang hari yang terik, dan kami sebagian besar jarang berolahraga, akhirnya banyak yang merasa sangat capek. Hari pertama sudah sukses membuat wajah kami semakin menghitam.

=========== bersambung, lagi males nulis, hhaha ================

Update 2 Bulan di BI

Tiga bulan lebih gw ga nulis lagi di blog ini. Padahal akhir taun lalu waktu beli domain .info, gw udah berniat bakal nulis minimal sebulan 2x. Hha, niat tinggal lah niat. Apa daya, kemalesan gw terlalu besar untuk dilawan. :D

Kali ini gw mau nulis kesibukan baru gw selama di BI. Seperti yang udah gw post sebelumnya, 31 Desember 2013 kemarin pengumuman BI keluar. Dan kebetulan nama gw ada di daftar calon peserta PCPM XXXI-2 (Dibaca : 31-2). Singkat cerita, gw memutuskan buat ngambil tuh kesempatan, walaupun sebenarnya dalam hati gw masih berharap di Garuda yg ternyata mem-PHP-in gw.

Selama bulan Januari, gw sibuk nyiapin berkas buat daftar ulang. Sebenarnya nggak sibuk juga sih. hhe. Yang dipersiapkan dikit kok, cuma legalisir ijazah SD sampai SMA. Eh legalisir S1 juga deng. Selain itu, perlu dipersiapkan SKCK, surat pernyataan belum menikah dari kelurahan, KTP, KK, dan lain lain. Hha lain-lainnya itu gw lupa. Sewaktu legalisir SD-SMP-SMA, adalah kesempatan untuk nengok mantan sekolah yg udah mengantarkan gw sampai sekarang ini. Disitulah ketemu ama guru-guru yg dulu ngajar gw. Tapi sayang, waktu gw dateng kesana minta legalisiran, anak-anak sekolah di Jogja masih dalam masa libur semesteran. Akhirnya cuma ketemu beberapa guru.

Tanggal 3 Februari, gw daftar ulang di BI. Di situlah pertama kali ketemu dengan teman-teman satu angkatan PCPM. PCPM 31 ini adalah angkatan terbesar dalam sejarah penerimaan pegawai di BI. Angkatan 31 dibagi menjadi 2, yang pertama PCPM 31-1 berisikan para orang-orang pintar dari universitas terbaik se-Indonesia, yg IPKnya aja minimal 3,5. Hhe. Bayangin dengan IPK gw yg jauh dari 3,5. Total dari angkatan 31-1 itu ada 65 orang. Ceweknya 70%, sisanya cowok. Sedangkan gw masuk PCPM angkatan 31-2. Harusnya yang diterima di angkatan ini ada 215 orang, namun ada 2 orang yg mengundurkan diri. Denger-denger sih sebenarnya yg mengundurkan diri lebih dari 2 orang, tapi diisi oleh orang yg ada di peringkat bawahnya. Akhirnya angkatan gw yg mendaftarkan ulang dan resmi jadi PCPM 31-2 ada 213 orang. Kebalikan dari 31-1, angkatan gw 70%-nya cowok. Katanya, banyakan cowok karna sebagian besar dari kami akan ditempatkan di luar Jakarta. Yeees, bisa keluar dari Jakarta, tapi Nooo kalo ditempatin di daerah terpencil semacam sibolga, papua, maluku, dll. Tapi sebagai PCPM, dalam kontrak sudah distate kalo kita harus siap ditempatkan dimana saja. Gw sih siap2 aja selama masih mbujang :D

Hari ketiga, kami dilantik resmi menjadi PCPM BI 31 setelah sebelumnya diambil sumpah dibawah Al Quran. Kemudian siangnya, kami langsung diarak pakai bus ke Sukabumi. Untuk apa ? Apalagi kalau bukan pelatihan keSAMAPTAan. Yeeeeah, masing-masing dari kami berangkat dengan gembira :lol:.

Tulisan lengkap tentang samapta gw post di postingan tersendiri (kalau nggak males nulis :D).