Berapa ongkos kirim dari Jawa ke Jayapura ?

Malam ini saya berbelanja di Hypermart Mall Jayapura. Dulu waktu pertama datang ke Jayapura, saya mengira semua harga barang di kota ini mahal-mahal, seperti yang diberitakan di media-media di Jawa. Memang, minggu-minggu pertama saya datang, saya beli makanan minuman di deket rumah dinas, harganya cukup mahal. Air mineral merk abal-abal ukuran 1 liter harganya rp 5.500. Aqua 1 liter yg dijakarta dijual 3.500 ditoko itu harganya 6.500. Saya anggap wajar lah, karena air mineral berat, dan tentu saja butuh ongkos kirim dari jakarta yg mahal, karena disini Aqua ga ada pabrik lokal.

Namun, stigma mahalnya barang kebutuhan pokok di jayapura hilang ketika saya berbelanja di Hypermart. Harga-harga barang di hypermart hampir sama dengan harga Hypermart di jakarta. Cuma item tertentu saja yang harganya selisih agak besar. Usut punya usut, ternyata hypermart jayapura harganya distandarkan dengan hypermart yg ada di Sulampua (sulawesi,ambon,papua).

Sebagai contoh, karena disini nggak ada yang namanya Aqua galon, disini cuma ada Aqua abal-abal dan itupun refill sendiri di tempat refill yang sumber airnya ntah dari mana. Oleh karena itu saya dan teman-teman biasanya beli air mineral 1 literan, sekalian beli banyak. Tadi, ketika saya mau beli air mineral merk VP (Value Plus, merk buatan hypermart untuk produk2 yang disub-kontrakkan), harganya cuma rp 3.000 per botol yg seliteran. Itupun ditambah harga promo beli dua gratis satu. Saya pun langsung memborong 6 botol. hhe.

Yang saya bingungkan, itu air 1 liter kira-kira beratnya anggap saja 1 kilo, tapi hargannya dijual cuma 3ribu rupiah. Beli dua gratis satu. Jadi anggap saja harganya 2ribu. Sementara produk yang sama di jakarta pun jg dijual 2ribu.. Pertanyaannya, berapakah ongkos kirim dari jakarta ke jayapura ? Airminum VP itu asli dari jakarta, karena saya baca di bungkusnya buatan PT tirtatama Bogor. Mungkinkah biaya kargo jakarta-jayapura kalo dirata-rata sekilonya hanya 500rupiah ?

Sementara itu, kalo saya beli barang di jakarta dan dikirim pake JNE, sekilonya harus ngeluarin duit 70ribu rupiah, kalo pake PT Pos sekilo 55ribu rupiah. Hypermart, dengan ongkos kirim kargo yang kata orang-orang masih mahal aja bisa jual barang dengan harga yang mirip dengan jakarta, apalagi kalau ongkos kirimnya jadi murah ya ? bisa-bisa harga di jakarta dan jayapura nggak ada bedanya...

Minggu kemarin saya juga beli apel Washington di hypermart, harga sekilonya cuma 8ribu rupiah. Murah banget ya. Berapa ongkos kirim dari Washington ke Jakarta ? Trus dari jakarta ke Jayapura ? Aaah, logika berbisnis memang susah untuk dijelaskan kalau tidak turun langsung ke lapangan....

Jayapura, 21.00 30/08/14.
Ditengah kesendirian malam minggu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Berapa ongkos kirim dari Jawa ke Jayapura ?"

  1. saya kira harganya bisa murah karena ongkos kirimnya bukan hanya 1 barang, tapi banyak barang..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel