Internet Kampret Rasa Lelet

Saya kembali merasakan jaman internet tahun 2005an. Disini jangan berharap dengan koneksi internet. Walaupun kantor saya sebelahan dengan kantor Indosat, koneksi internet time out terus. Teknologi 3g belum masuk tanah papua, kecuali 3G telkomsel yang jaringannya juga terbatas. Kalaupun dapat sinyal 3G jangan senang dulu karena bisa jadi itu sinyal boongan, kalaupun sinyal 3G beneran, jangan berharap kecepatannnya bisa kencang. Pun dengan internet di kantor. DImana-mana internet kantor selalu cepat, namun tidak berlaku di kota saya berada saat ini. Internet di kantor kalau jam kerja hanya 64kbps, buka google bisa sampai 30 detik. Saya bisa buka facebook karena sudah jam pulang kerja.

Ternyata permasalahan utama disini adalah belum adanya infrastruktur kabel fiber optik. Katanya sih pemasangan kabel optik baru sampe makassar, ntah kapan bisa sampai papua. Sebagaimana kita tahu kalau koneksi satelit mempunyai banyak keterbatasan terutama dalam masalah bandwith.

Jadi bagi orang-orang yang dulu suka mengeluh jalan-jalan di jawa suka digali pinggir-pinggirnya itu, bertobatlah. Karena dari pemasangan kabel itu lah kalian kalian semua bisa menikmati internet sampai ber MB-MBps.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon