JAYAPURA KOTA METROPOLITAN


Banyak orang takut ditempatkan di Papua. Banyak orang berfikir bahwa di papua masih sangat tertinggal, sangat kuno, primitif, dst. Begitu pula dengan saya yang berpikiran bila ditempatkan di Papua akan terpinggirkan dari peradaban dunia.

Anggapan itu sirna ketika saya datang ke Jayapura. Dijemput di bandara sentani, saya diantar ke kantor yang akan menjadi tempat OJT selama 3 bulan. Selama perjalanan, jalan utama Bandara-Kota Jayapura sangat mulus. Bahkan bisa dibilang mengalahkan kemulusan jalan protokol di Jakarta yang banyak lubang-lubangnya. Selama perjalanan itu pula saya kagum, ternyata di jayapura tidak sekuno yang saya pikirkan. Jalan raya ramai dengan mobil-mobil bagus berplat DS. Banyak pula mobil baru berplat B (jakarta). Baru-baru ini saya tau kenapa mobil plat B banyak berseliweran di Jayapura. Itu karena biaya On The Road beli mobil baru di Jakarta lebih murah dibandingkan dengan beli mobil baru di Jayapura.

Setelah seminggu disini, saya lebih yakin lagi bahwa kota Jayapura lebih maju daripada kota-kota lain seperti kendari, kupang, ambon, ternate. Di Jayapura sudah franchise2 yang buka gerai. KFC, JCo, Breadtalk, matahari, hypermart, ramayana, dan lain sebagainya. Di Jayapura sudah banyak Mall-Mall berdiri, dan yang paling besar adalah Jayapura Mall. Masuk ke Jayapura Mall tidak ada bedanya dengan masuk ke Margo City, Kuningan City, Citos, PIM, dll... Mall ini sudah berkelas “Jakarta Punya”, bukan mall seperti Detos,ITC, dll. Tenant yang berdiri pun juga tenant berkelas. Ada hypermart, matahari, sport station, Inul Vista, breadtalk, dan yang paling mewah bagi sebuah kota diluar jawa adalah adanya Bioskop. Nggak tanggung-tanggung, yang masuk jayapura adalah bioskop XXI, bukan kelas 21. XXI sini pun nggak kalah update dari Jakarta. Setiap ada film baru pasti yang ngehits hari itu juga tayang di XXI Jayapura.

Setelah tahu kemodern-an Jayapura, saya menjadi lebih bersyukur mendapatkan OJT di sini, dibandingkan dengan teman-teman yang (sorry to say) mendapatkan OJT di Kupang, Ambon, Ternate, Sibolga, Loksumawe, dan kota kecil lainnya. Jarak boleh menjadi yang terjauh, namun kehidupan kota disini lebih modern daripada yang kalian pikirkan (^^)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "JAYAPURA KOTA METROPOLITAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel