Funny Fact About Jayapura 2

Keruwetan lalu lintas di Indonesia sudah menjadi rahasia umum. Dimulai dari jalan yang banyak lobang, fasilitas dan rambu jalan yang rusak, sampai kepada kerusakan mental para pengguna jalan. Perilaku tidak mau mengalah sudah menjadi hal yang lumrah. Penyeberang jalan yang asal menyeberang di sembarang tempat sudah menjadi hal yang biasa. Pengemudi motor dan mobil yang ugal-ugalan di tengah keramaian jalan juga sudah menjadi hal yang umum terjadi. Maka, jangan kaget kalau angka lakalantas di Indonesia cukup tinggi.

Hari pertama saya dan teman-teman seperjuangan datang ke Jayapura, saya mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Seperti di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia, kami ingin menyeberang jalan untuk makan siang. Memang jalan yang kami hendak seberangi itu adalah jalan utama di Jayapura sehingga wajar bila padat kendaraan. Ilmu yang gw dapet bertahun-tahun menyeberang jalan Margonda Depok gw terapin disini. Begitu ada dua kendaraan jarak kira-kira 20 meter, langsung maju saja tanpa ragu, begitulah ilmu menyeberang Margonda yang telah tertanam kuat di benak gw. Gw terapin ilmu itu disini. Setelah menunggu hampir 1 menit kendaraan lewat tanpa henti dan tanpa jeda, gw melihat peluang untuk menyeberang. Mobil Avanza dan angkot sepertinya berjarak 20 meter. Gw langsung maju jalan tanpa aba-aba. Begitu sudah dapat 2 langkah, gw merasa ada yang aneh, kok angkotnya nggak ada tanda-tanda ngerem. Gw udah terlanjur berada di tengah jalan, angkot sudah 3 meter di depan gw dan ga ada tanda-tanda ngerem. Karena tidak mau celaka, gw lari maju, eh ternyata di belakang angkot ada motor yang nyalip angkot dengan kecepatan cukup tinggi. Gw hampir tertabrak. Pengemudi motor ngerem mendadak. Dia tengok belakang, buka helm, dan keluar kata-kata kasar khas papua. “aseem tenan ini orang bermotor” batin gw.

Ternyata, setelah gw tanyain sama senior di kantor, di Papua terutama di Jayapura, orang kalau menyeberang itu di zebra cross.. Jadi tidak asal menyeberang saja...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Funny Fact About Jayapura 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel