Minggu, 05 Oktober 2014

Funny Fact About Jayapura (4) : Jangan Kurban Kambing di Jayapura !

Sebelumnya, happy ied mubarak, semoga amalan qurban kita diterima oleh Allah SWT. Selamat bersate-sate ria ! ngomongin sate, gw apes banget nih idul adha kali ini. Walaupun berkurban, tapi nggak bisa ikut tradisi nyate-nyate. Seperti kebanyakan orang, gw selalu nyate di idul qurban, dari sejak kecil sampai jaman kuliah, selalu saja ada tradisi nyatee.. Namun tahun ini tidak bisa, karena keadaan yang tidak memungkinkan.

Ada yang menarik di Jayapura. Ternyata di sini harga qurban kambing jauh lebih mahal daripada harga qurban sapi (bertujuh). Untuk qurban satu ekor sapi dibagi bertujuh, hanya iuran 1,9juta – 2,2 juta per orangnya. Namun kalau mau qurban satu ekor kambing, harganya 3 juta – 3,5juta untuk kambing ukuran standar yang di Jakarta mungkin harga kambingnya hanya sekitar 1,7jutaan. Ntah kenapa harga disini lebih mahal.

Permasalahan daging disini kompleks sekali. Walaupun mempunyai tanah kosong yang luas, bukan berarti disini banyak orang memelihara sapi ato kambing. Kalau di daerah transmigran seperti merauke, memang disana banyak orang transmigran a.k.a. orang Jawa yang berternak kambing dan sapi. Namun di Jayapura dan sekitarnya ? Jangan harap... Kalau tidak salah banyak kambing dan sapi disini yang impor alias mendatangkan dari daerah lain.

Kenapa banyak yang tidak mau memelihara kambing/sapi ? Berikut hasil analisa gw. Pertama dan yang paling utama, karena bagi orang papua asli, rasa kekeluargaan mereka masih kental. Begitu ada satu orang papua yang sukses, biasanya saudara mereka, baik itu saudara dekat maupun saudara jauh, pada berduyun-duyun mendekati orang itu dan meminta jatah atau sedekah. Kedua, kalau yang ingin beternak itu adalah orang pendatang, mereka takut ternak mereka dijarah atau dipalak orang asli sini. Orang pendatang juga tidak ingin cari masalah dengan orang asli karena bau ternaknya yang bisa mengganggu warga sekitar. Ketiga, daerah di jayapura yang sudah jarang ada tanah kosong yang luas. Rumput juga menjadi permasalahan disini karena agak susah mencari rumput buat pakan ternak.

Tahun ini boleh lah saya tidak nyate. Namun tahun depan,kalau umur masih ada, harus nyate, apapun keadaannya. Kalau tidak nyate, bisa-bisa gw kena darah rendah...

JAP, 5-10-14 @15.42

1 comments

If some one wishes expert view about blogging and site-building afterward i recommend him/her to go to see this weblog, Keep up the fastidious work. netflix member login


EmoticonEmoticon