Kamis, 01 Juni 2017

DAN JAYAPURA ITU AKHIRNYA MENAMPAKKAN KEINDAHANNYA.....



Tidak terasa sudah 2 Tahun 10 Bulan saya telah tinggal di kota Jayapura. Walaupun di medsos sering mengeluh dan tersirat ingin pindah dari kota ini, sebenarnya saya enjoy disini. Awalnya saya memang merasa tidak ada yang spesial di Ibukota Provinsi Papua ini, namun dalam minggu-minggu ini baru saya sadari bahwa Jayapura, dan Papua sangat spesial di hati saya. Senja di Jayapura yang biasanya terlihat mendung, akhir-akhir ini terasa sangat indah luar biasa.

Banyak hal yang tidak saya sadari bahwa Papua adalah gift dari Tuhan. Waktu pertama datang saya sering mengeluh dan menanyakan nasib. Kenapa ditempatkan di Papua. Apa salah saya. Tapi ternyata memang Allah menyimpan kado buat saya. Petaka di awal, gembira di akhir. Seiring berjalannya waktu saya merasa bersyukur ditempatkan disini. Setidaknya karena kerja di Jayapura, saya pernah ke sebagian besar daerah di Papua, walaupun belum pernah ke daerah pegunungan kecuali Wamena dan Yahukimo. Mungkin saya tidak akan pernah lagi mendapat kesempatan untuk berkunjung kesana lagi bila bukan karena tugas kantor.

Semua yang berawal pasti akan ada akhirnya. Saya telah mengalami awal di kota yang pernah bernama Sukarnopura ini. Dan saya harus menerima kenyataan bahwa masa berakhir telah tiba. Rumor-rumor di grup angkatan bahwa akan ada mutasi besar-besaran akhirnya terwujud.

Dua hari yang lalu kepastian itu datang kepadaku. Aku dapat SK mutasi. Ya, harus hijrah dari Jayapura. Menuju tempat tujuan baru. Menuju hidup baru. Secepat-cepatnya, karena SK saya bilang bahwa harus pindah paling cepat 1 Juni, hari ini, dan paling lambat awal Juli. Arrhhgg...

Akhirnya perkataan orang-orang dapat saya buktikan, bahwa Jayapura itu akan indah pada waktunya. Tiba-tiba saya merasa sedih. Walaupun memang saya pengen pindah,tapi saya harus mengakui bahwa sebagian hati ini masih tertinggal di Jayapura......





Jayapura, 1 Juni 2017


EmoticonEmoticon